Kamis, 21 September 2017

Jenis-Jenis Server

Jenis-Jenis Server

Miftahul Huda , Rabu 20 September 2017

Picture  Pengertian
     Server adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Server ini didukung dengan prosessor yang bersifat scalable dan RAM yang besar,dan juga dilengkapi dengan sistem operasi khusus, yang disebut sebagai sistem operasi jaringan. Server ini juga menjalankan perangkat lunak administratif yang mengontrol akses terhadap jaringan dan sumber daya yang terdapat di dalamnya.

       * Jenis-Jenis Server :
1. SSH Server {Secure Shen}
       Apalikasi server yang digunakan untuk meremot server atau eksekusi program.
2. DNS {Domain Name Server}
        Aplikasi service di internet yang menterjemahkan sebuah domain name ke IP address dari FQDN (Fany Qualified Domain Name).
3. WEB Server
        Perangkat lunak server yang berfungsi sebagai menerima permintaan HTTP (Hyper Text Transfer Protocol) dari client,dikenal dengan web browser dan mengirimkan kembali hasilnya dalam bentuk dokumen web (html).
4. DHCP Server {Dynamic Host Configuration Protocol}
        Protocol yang berbasis arsitektur client atau server yang dipakai untuk memudahkan pengalokasian IP address dalam jaringan.
5. Mail Server
        Perangkat lunak program yang mendistribusikan file atau informasi sebagai respons atau permintaan yang dikirim via email,juga pada bitnet untuk layanan seperti FTP (File Transfer Protocol).
 6. Proxy Server
          Teknik standar untuk akses internet secara bersama-sama oleh beberapa komputer sekaligus dalam jaringan LAN (Local Area Network) melalui sebuah modem atau saluran komunikasi.Fungsi proxy server yakni untuk menyimpan riwayat akses halaman web dan security atau blocking untuk situs tertentu.
 7. Samba Server
          Sebagai jembatan untuk menghubungkan dua sistem operasi berbeda dan digunakan untuk transfer data.
 8. FTP Server
          Untuk sharing file pada jaringan server atau client yang support TCP/IP,Fungsi FTP server yakni sharing data,menyediakan layanan mdirect atau implicit remote PC,menyediakan tempat bagi user,dan menyediakan transfer data reliable dan efisien.


Maksud dan Tujuan 
Menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer.
  
Referensi
https://translate.google.co.id/translate?hl=en&sl=en&tl=id&u=https%3A%2F%2Fid.wikipedia.org%2Fwiki%2FPeladen

 

0 komentar:

Posting Komentar